Rabu, 19 Oktober 2016

Tingkatkan Percaya Diri Lewat Pensi


                Tampil di depan umum bukanlah suatu perkara yang mudah untuk di lakukan oleh banyak orang, tapi berbeda halnya dengan para santri madrasah muallimin yang sejak awal masa pengkaderanya sudah di biasakan  tampil di depan umum untuk mengasah kepercayaan dirinya. Salah satu kegiatan andalan dari PR IPM muallimin bidang kesenian untuk meningkatkan kepercayaan diri santri adalah dengan mengadakan pentas seni, berbeda dengan pentas seni dari periode-periode sebelumnya, yang biasanya diadakan secara besar-besaran dari kelas 1 sampain kelas 6, pentas seni yang Rabu kemarin(19/20) diadakan dikhususkan hanya untuk para santri kelas 1 sebagai permulaan,dan di susul dengan pentas seni khusus bagi kelas 2 dan seterusya. seluruh santri yang hadir dan tampil pada pentas seni pertama ini sepenuhnya dari para santri kelas 1, “ini adalah salah satu strategi dari bidang kesenian agar para santri kelas 1 mau dan berani tampil dimuka, karena hanya tampil di depan teman-teman sengakatanya, biasanya para santri kelas 1 dan dua akan takut dan canggung untuk tampil apabila di tonton oleh seluruh elemen santri dari kelas 1 sampai kelas 6” ujar sanulrizal salah satu staf bidang kesenian.

                Acara yang diadakan sejal pukul 08:00 sampai 10:30 diawali dengan sedikit canggung di awal, terlebih pada para santri yang tampil. Tepapi kecanggungan dan rasa gugup yang ada segera hilang pada pertengahan acara, dan mulai menjadi mariah dengan banyak tepuk tangan dan tawa ketika penampilan tiap santri berakhir, santri yang ingin tampil tidak dibatasi dan diper bolehkan untuk  menampilkan apa saja, beberapa santri tampil dengan menyanyikan sebuah lagu, bermain musik, puisi. Diacara ini juga bertujuan unutuk melihat bakat bakat yang dimiliki oleh para santri serta mengasah keterampilan tersebut. Ada beberapa penamilan yang tidak di duga duga yang ditampilkan oleh para santri seperti beat box, seni menirukan suara alat musik menggunakan mulut ini ternyata banyak diminati oleh para santri. Dan penampilan beat box juga lah yang memulai memeriahkan acara. Bahkan ada santri yang menampilkan stanup comedy sebanyak 3 anak.



                Tanpa kreatifitas dan kerja cerdas dari binga kesenian mungkin acara ini tidak dapat di laksanakan. Pada awalnya pentas seni direncanakan akan diadakan di aula madrasah, tetapi karena terlebih dahulu di gunakan untuk pelantikan Sobat Perpus Muallimin Junior pentas seni pun harus di pindahkan tempat pelaksanaannya, dari aula madrasah ke lapangan badminton asrama 1.


                Para panitia dari PR IPM Muallimin bidang kesenian berharap agar diadakanya acara pentas seni yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini dapat secara efektif meningkatkan kepercayaan diri Serta melatih kreatifitas santri madrasah muallimin. Dan panitia berencana untuk terus mengadakan acara pentas seni bagi para santri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.