Selasa, 18 November 2014

Tentang Bidang Perkaderan

Bidang Perkaderan atau biasa disebut Bidang PKD merupakan salah satu bidang yang paling inti dalam organisasi IPM. Tidak hanya itu, bahkan sejak era SKM di Mu'allimin, Bidang Perkaderan telah menjadi salah satu Departemen yang paling inti dan vital.


Bidang Perkaderan dulunya bernama Departemen Perkaderan sejak era Sinar Kaum Muhammadiyah (SKM) sampai dengan PR IPM Mu'allimin periode 2012/2013. Dengan mengikuti struktur yang ditetapkan oleh PP IPM, maka ini menjadi tahun kedua dimana semua Departemen PR IPM berganti format menjadi Bidang

Personalia Bidang Perkaderan PR IPM Mu'allimin 2014/2015 :

Ketua Bidang
Fakhri Dzikri Ash-Shidqi

Sekretaris Bidang
Qorinul Anhar

Anggota Bidang
Faisal Yahya Muqaffi
Farizqy Takafful Akhbar
Habib Firmansyah
Khoirul Fuad
Muhammad Fakhril Asyroh K.
Aunillah Ahmad
Muhammad Kholilullah
Muhammad Ni'mal Maula

Bidang perkaderan secara garis besar bertugas sebagai pelaksana proses pengkaderan atau kaderisasi di Madrasah terutama bagi siswa Tsanawiyah, karena Bidang Perkaderan sendiri merupakan "perpanjangan tangan" Madrasah dalam hal pengkaderan siswa. Tugas khusus yang diembankan kepada Bidang ini adalah untuk mengkader atau membina santri-santri Mu'allimin agar kelak siap diterjunkan ke masyarakat sebagai kader luarbiasa baik bagi IPM, persyarikatan Muhammadiyah, umat Islam, bahkan bagi bangsa Indonesia.

Bidang Perkaderan memiliki fungsi yang paling berat dan vital dalam IPM dan juga memiliki program kerja yang paling banyak dibanding bidang-bidang lain, belum lagi mayoritas progam kerja Bidang Perkaderan harus dilakukan periodik setiap minggu bahkan setiap hari. Oleh karena pentingnya peran dan beratnya tugas Bidang Perkaderan, personalia bidang ini menjadi yang terbanyak diantara Bidang-bidang lain di PR IPM Mu'allimin dari periode ke periode.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.