Rabu, 12 Februari 2014

Bakti Sosial 1434 H

Akhirnya maintenance blog IPM selesai, dan segera setelah maintenance selesai kami bakal memposting kegiatan dari PR IPM Mu'allimin. Dan sebagai yang pertama, kami berikan rangkuman acara Bakti Sosial Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan PR IPM Mu'allimin, berikut rangkumannya..


Pada tanggal 15 November 2013 lalu, diadakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan Madrasah Mu'allimin Muh. Yogyakarta bekerjasama dengan PR IPM Mu'allimin, yaitu acara Bakti Sosial (BAKSOS). Acara BAKSOS pada periode kali ini diselenggarakan di 3 Dusun yang merupakan bagian dari Desa Giripanggung, Kec. Tepus, Kabupaten Gunungkidul.


Panitia BAKSOS berangkat dari madrasah hari senin (14/10) sekitar jam 9.15 pagi dan sampai di lokasi ba'da dzuhur. Seharusnya sesampainya di lokasi akan diadakan pembukaan oleh wakil dari madrasah, akan tetapi karena utusan madrasah tidak kunjung datang, maka acara pembukaan ditiadakan dan Panitia BAKSOS langsung beristirahat siang.


Ba'da Ashar setelah Panitia beristirahat siang diadakan pembagian sembako untuk Dusun Ngampel dan Nggupakan. selain itu juga diadakan persiapan untuk pengajian akbar yang diselenggarakan malam harinya. Pengajian Akbar dilaksanakan Pukul 20.00 di Balai Desa Giripanggung. Pengajian Akbar ini diikuti oleh sekitar 300 warga dari 3 dusun di Desa Giripanggung dan acara ini selesai pada pukul 21.45.


Pada Hari Selasa (15/10) Panitia BAKSOS beserta warga melaksanakan sholat ied berjamaah di Lapangan Dusun Kropak, yang bertindak sebagai imam dan khatib pada saat itu adalah Wakil Bupati Gunungkidul, Bapak Immawan Wahyudi

Setelah prosesi sholat ied selesai, Panitia kembali ke basecamp untuk mengadakan penjualan pakaian murah layak pakai dan pembagian buku gratis di Dusun Ngampel, dan pembagian sembako di Dusun Kropak. Pakaian murah yang dijual ludes hanya dalam tempo kurang lebih 1jam karena antusiasme warga sekitar yang cukup besar. Sementara pembagian sembako di Dusun Kropak berlangsung sekitar 1 jam 30 menit.


Sekitar pukul 11 siang seluruh panitia telah selesai melaksanakan tugasnya dan kemudian berkumpul kembali di basecamp (Masjid Al-Amin Ngampel) untuk beristirahat. Kemudian setelah melaksanakan sholat dzuhur panitia makan siang bersama dan setelah itu bersiap untuk penutupan rangkaian acara Bakti Sosial bersama perwakilan dari takmir masjid setempat sekaligus menyerahkan hasil penjualan pakaian bekas layak pakai kepada warga setempat.


Segera setelah prosesi penutupan usai, segenap Panitia BAKSOS segera berkemas untuk meninggalkan lokasi Bakti Sosial. Setelah berkemas, foto bersama, dan berpamitan kepada warga sekitar Panitia BAKSOS meninggalkan lokasi Bakti Sosial. Sekitar pukul 13.00 panitia mulai memasuki bus dari tempat pemberangkatan dan sampai di Madrasah tepat setelah Ashar.


BAKSOS kali ini sangat berkesan karena BAKSOS ini adalah program kerja pertama PR IPM Mu'allimin periode 2013/2014 juga di acara ini baik kelas X maupun kelas XI bekerja sama dan bersatu untuk mengasah kesolidan antar pimpinan dan sangat berguna bagi perjalanan PR IPM Mu'allimin periode ini.


Perjalanan menuju lokasi BAKSOS

Panitia BAKSOS sesampainya di Desa Giripanggung

Panitia BAKSOS memasuki masjid Al-Amin Ngampel yang dijadikan basecamp

Suasana Pengajian Akbar




Suasana khutbah setelah sholat ied

Suasana khutbah setelah sholat ied

Foto bersama wakil bupati Gunungkidul, Bapak Immawan Wachyudi

Bersalam-salaman seselesainya prosesi sholat ied


Suasana Bazaar Pakaian Murah dan Pembagian Buku Gratis


Suasana bazaar pakaian murah dan pembagian buku gratis
Suasana bazaar pakaian murah dan pembagian buku gratis

Prosesi penyembelihan sapi qurban sumbangan Mu'allimin
Proses pemotongan daging qurban

Spanduk BAKSOS di Balai Desa Giripanggung

Penutupan acara BAKSOS

Suasana makan bersama
Suasana makan bersama

Masjid basecamp Panitia BAKSOS lengkap dengan banner BAKSOS



Foto bersama Panitia BAKSOS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.