Minggu, 09 Februari 2014

Tentang Bidang Sosial

Bidang Sosial, bidang ini bukanlah "bidang wajib" di IPM, tetapi bidang inilah yang membuat PR IPM Mu'allimin juga memiliki kontribusi ke luar. Bidang sosial memiliki kebiasaan menyelenggarakan kegiatan berbasis sosial tidak hanya ke dalam tetapi juga keluar dan hal itu dilakukan lebih rutin dibanding bidang-bidang lainnya. Jadi, bidang sosial menjadi "penolong" nihilnya kontribusi PR IPM Mu'allimin maupun Mu'allimin sendiri kepada masyarakat di luar keluarga besar Mu'allimin.

Bidang Sosial di periode 2013/2014 berisikan 6 orang (4 orang kelas XI dan 2 orang kelas X), tidak banyak perubahan mencolok di bidang ini selain nama "Departemen" yang berubah menjadi "Bidang"

Berikut personalia Bidang Sosial periode 2013/2014 :
Ketua Bidang
Muhammad Fajrul Mushoffi

Sekretaris Bidang
Maqbul

Anggota Bidang
Muhammad Farhan
Rif'an Ali Hafidz
Aditya Alif Wasthi Prabandaru
Bintang Firman Syah

Bidang Sosial bertugas untuk menjaga jiwa sosial santri Mu'allimin agar tetap di tingkatan yang baik dan juga jiwa sosial itu tidak menghilang ke depannya walaupun siswa Mu'allimin era sekarang ini hidup di zaman globalisasi dimana lebihbanyak masyarakat asosial ketimbang masyarakat sosial. Sampai saat ini kegiatan bidang sosial bisa cukup membantu madrasah untuk menjaga jiwa sosial di kalangan siswa Mu'allimin walaupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan hanyalah kegiatan-kegiatan sederhana.

Bidang Sosial memang terlihat tidak memberikan kontribusi sebesar bidang-bidang lain karena memang kegiatan-kegiatan bidang sosial sebatas kegiatan kemanusiaan tanpa menyelenggarakan event yang cukup besar, tapi sesungguhnya bidang sosial-lah yang memiliki kontribusi paling besar untuk menjaga jiwa "manusia" di dalam diri siswa Mu'allimin. Tanpa bantuan Bidang Sosial, bisa jadi siswa Mu'allimin ikut menjadi bagian dari masyarakat rata-rata masa kini yaitu masyarakat asosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.