Selasa, 17 Maret 2015

M-League Musim 2014/2015


PR IPM Muallimin memiliki sebuah proker yang menjadi ciri khas dari waktu ke waktu, dan terus dipertahankan dari generasi ke generasi, salah satunya adalah M-League. M-League merupakan liga futsal internal siswa Muallimin, dimana siswa kelas 1, 2, 4, dan 5 dapat saling bekerjasama membuat tim untuk berkompetisi dalam M-League.


Terhitung memasuki edisi ke-6, di periode ini M-League diikuti oleh 12 tim yang terbagi dalam 2 grup. Untuk edisi kali ini, nama-nama tim diadaptasi dari nama-nama klub di salah satu kompetisi Arab Saudi, Saudi Professional League. Tim-tim tersebut seperti tertera di bawah ini


Jalannya Kompetisi
M-League memulai musim 2014/2015 pada tanggal 5 November 2014 dengan matchday pertama Grup A antara Al-Ahly dan Al-Faisaly. Dimulainya M-League sekaligus menandakan dimulainya musim M-League yang siap mempertajam anggapan tentang menjadi ajang berkompetisi sekaligus melatih konsistensi dalam diri setiap pesertanya.

Setelah kurang lebih berjalan selama 2 bulan, pada bulan Januari M-League telah menuntaskan seluruh pertandingan di fase grup dan siap untuk melanjutkan roda kompetisi ke fase semifinal dengan 4 tim yang lolos dari fase grup; Al-Ahly dan Al-Ittihad dari grup A, Al-Shahab dan Hajer dari grup B.

Pertarungan sengit
Usaha keras
Unjuk ketangkasan
Kesungguhan
Fase semifinal digelar pada 9 Januari 2015, beberapa pekan sebelum perhelatan akbar tahunan Milad SKM ke-90. Dengan 2 pertandingan di hari itu, fase semifinal mempertemukan Al-Ahly (Juara Grup A) melawan Hajer (Runner-up Grup B) dan Al-Shahab (Juara Grup B) melawan Al-Ittihad (Runner-up Grup A). Dengan peta kekuatan yang ada, Al-Ahly dan Al-Shahab berhasil melenggang ke babak Final; Al-Ahly membantai Hajer 4-0 dan Al-Shahab dengan susah payah memenangkan pertandingan 3-2 melawan Al-Ittihad.

Line-up Grand Final beserta wasit

Jalannya pertandingan Grand Final

Adu penalti

Setelah break lebih dari sebulan karena waktu yang tersedia digunakan untuk pelaksanaan Milad SKM ke-90, Final akhirnya diselenggarakan pada 4 Maret 2015. Babak final mempertemukan Al-Ahly dan Al-Shahab pada Grand Final serta Al-Ittihad dan Hajer pada Perebutan Juara 3. Pertempuran sengit sesuai prediksi terjadi dan menghasilkan hasil akhir yang ketat di kedua pertandingan. Al-Shahab berhasil mengandaskan perlawanan Al-Ahly setelah memenangi adu penalti 3-2 karena dalam waktu normal kedua tim menghasilkan skor imbang 1-1, sementara Hajer berhasil mengakhiri perlawanan sengit Al-Ittihad 2-1 dengan membalikkan ketertinggalan hasil gol cepat Al-Ittihad di awal babak pertama.

Statistik
Di musim 2014/2015, walaupun hanya 12 tim yang berkompetisi dan 34 pertandingan di dalamnya, M-League tetap memberikan suguhan dan pengalaman yang menarik bagi setiap pihak yang berpartisipasi. Total 130 gol dihasilkan dengan rerata 3,82 gol per pertandingan, dari jumlah gol tersebut Miftahul Ammar (Al-Ahly) berhasil menjadi Top Scorer dengan raihan 22 gol dari 7 pertandingan. Pun statistik membuktikan produktivitas gol merupakan suatu keharusan untuk dapat lolos ke fase semifinal, keempat tim yang lolos ke fase semifinal merupakan tim terproduktif dalam fase grup M-League 2014/2015 (Al-Ahly, 25 gol; Al-Shahab, 17 gol; Al-Ittihad, 10 gol; Hajer, 9 gol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.