Sabtu, 08 Februari 2014

Tentang Bidang Kesenian


Bidang Kesenian ini merupakan salah satu jejak adanya organisasi SKM (Sinar Kaum Muhammadiyah) di Mu'allimin, karena Bidang Kesenian di IPM sendiri pada umumnya dilebur dengan Bidang Olahraga dan menjadi Bidang ASBO (Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga). Tapi karena sejak era SKM dulu Bidang Olahraga dan Kesenian dipisah, jadilah sampai sekarang untuk menjaga eksistensi jejak-jejak SKM maka kedua bidang ini tetap dipisah walaupun keberadaan organisasi SKM telah digantikan IPM.

Personalia Bidang Kesenian di periode 2013/2014 sebanyak 6 orang, tidak banyak perubahan mencolok di bidang ini selain nama "Departemen" yang berubah menjadi "Bidang"

Berikut personalia Bidang Kesenian periode 2013/2014 :
Ketua Bidang
Muhammad Irfan Islamy

Sekretaris Bidang
Muhammad Fadlan Aulia

Anggota Bidang
Taufiq Hammam Permadi
Wildan Tamimi Zain
Ahmad Fawwaz Al Ishlahi
Muhammad Irfan Zaky Mubarrak

Bidang Kesenian bertugas dan berkewajiban untuk menjaga keberadaan dan eksistensi Kesenian di dalam diri siswa Mu'allimin. Karena sebagai manusia pastinya membutuhkan yang namanya seni untuk mewarnai kehidupannya, dalam hal ini Bidang Kesenian menjadi media antara Madrasah dan para siswa sendiri agar siswa tetap dapat melakukan aktivitas keseniannya dan pastinya dengan dukungan dari madrasah.

Dengan kondisi Mu'allimin yang merupakan madrasah dengan basic serupa pondok-pesantren, Bidang Kesenian cukup kesulitan untuk melebarkan eksistensinya, karena tentu hanya kesenian dengan genre-genre tertentu saja yang boleh dikembangkan dan mendapat apresiasi serta dukungan penuh dari madrasah. Walaupun demikian, Bidang Kesenian selalu berjuang untuk bisa menjadi media yang baik dan dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang eksistensi kesenian di Mu'allimin walaupun dengan segala keterbatasannya. Sampai saat ini keberadaan kesenian secara umum cukup terjaga, tetapi tidak begitu dengan kesenian daerah, inilah yang menjadi PR besar bagi Bidang Kesenian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.