Rabu, 25 Februari 2015

Musyawarah Daerah XXIV PD IPM Kota Yogyakarta


Sebagai sebuah organisasi bertipe kepemimpinan kolektif-kolegial, IPM menganut sistem musyawarah dalam menentukan suksesi kepemimpinan. Dalam hal tersebut, di cakupan kota IPM memiliki Musyawarah Daerah (Musda) sebagai akhir suatu periode sekaligus awal pembentukan periode selanjutnya. Berikut rangkuman Musda XXIV PD IPM Kota Yogyakarta yang baru selesai beberapa hari lalu.

Rangkaian Musda
Musda diselenggarakan di bulan Februari 2015, sebagai penanda bahwa Musda merupakan event akbar PD IPM dibentuklah Semarak Musda dimana setiap ranting dibawah PD IPM Kota Yogyakarta ikut serta dalam Semarak Musda ini. Semarak Musda diselenggarakan seminggu sebelum agenda inti Musda dilaksanakan, sementara dalam agenda inti Musda diselenggarakan Konferensi Pimpinan Cabang dan Ranting (Konpicabran) sebagai persiapan sebelum Musda dilaksanakan.

Semarak Musda
Tim Semarak Musda
 Diselenggarakan pada 15 Februari 2015, Semarak Musda berisikan lomba-lomba yang bernuansa kekompakan dan juga keorganisasian. Penyelenggaraan lomba dari pagi sampai siang menjelang di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, alhamdulillah IPM Muallimin berhasil meraih juara di hampir semua cabang yang dilombakan; 3 cabang Juara 1 (balap karung, gobak sodor, dan tarik tambang), 1 cabang juara 2 (Cipta lagu), dan 1 cabang juara favorite (IPM Jogja Award). Nggak percuma deh rela izin sekolah demi ikut semarak Musda:)

Konferensi Pimpinan Cabang dan Ranting (Konpicabran)
Konpicabran Pra-Musda
Konferensi dalam IPM selalu diadakan dalam rangka menyambut Musyawarah dari tingkat Cabang hingga tingkat pusat, dan dalam PD IPM Kota Yogyakarta antara konferensi pimpinan cabang dan konferensi pimpinan ranting dilakukan penggabungan karena eksistensi cabang yang hampir tidak ada dan ranting yang langsung dibawah kordinasi PD IPM. Konpicabran diadakan tepat sehari sebelum Musda, pada 20 Februari 2015 lalu, di dalam Konpicabran tersebut disepakati beberapa poin sehubungan dengan persiapan dan tata tertib Musda XXIV dibawah pimpinan ketua sidang Auladhi Ovy (PR IPM SMAM 7 Yogyakarta) dan sekretaris sidang Enggar Tintriati (PR IPM Madrasah Muallimaat).

Musyawarah Daerah
Dilaksanakan pada 21-22 Februari 2015, Musda PD IPM Kota Yogyakarta berhasil melaksanakan agenda-agenda besar yang direncanakan. Agenda-agenda tersebut antara lain Laporan Pertanggung Jawaban PD IPM Kota Yogyakarta periode 2013-2015, Progress Report ranting dan tanggapan dari PD IPM, sidang-sidang komisi, hingga pemilihan formatur. Dalam Musda yang dipimpin oleh ketua sidang Oase Aulia (PR IPM Madrasah Muallimaat) dan sekretaris sidang Ivory (PR IPM SMPM 2 Yogyakarta), PR IPM Muallimin alhamdulillah dapat menyampaikan Progress Report dengan baik dan juga dapat meloloskan Ipmawan Satria Al Fajar Syaifuddin sebagai bagian dari Tim Formatur PD IPM Kota Yogyakarta. Di penghujung Musda terpilihlah Ipmawan Ramadhani Gafar Utama sebagai Ketua Umum periode 2015-2017 dan Ipmawati Rifqi Alifa Bestari sebagai Sekretaris Umum.
Sidang Komisi
Hasil pemilihan formatur

Pengalaman berkompetisi, berkonferensi, dan bermusyawarah yang sangat mengesankan minggu lalu. Semoga dapat membawa IPM secara umum dan PD IPM Kota Yogyakarta serta ranting-ranting yang ada di bawahnya secara khusus menuju keadaan yang lebih baik lagi, menuju spirit berkemajuan yang terus dijadikan acuan dalam peran sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna amanah Muhammadiyah. IPM Jaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.