Kamis, 15 Januari 2015

Kaleidoskop IPM Muallimin, 2014

2014 merupakan tahun yang berkesan bagi Muallimin dan khususnya IPM Muallimin. Secara umum, pada tahun 2014 IPM Muallimin melaksanakan banyak hal-hal yang berkesan dan menjadi pengalaman tersendiri baik bagi pimpinan, anggota, maupun keluarga besar Muallimin secara keseluruhan. Berikut kilas baliknya

1. Januari
Milad SKM Ke-89

Penyelenggaraan Milad SKM Ke-89 dilakukan oleh angkatan 90, dengan pembukaan yang lebih berwarna, lebih dari 20 acara dan sebagian besar diantaranya berkonsep segar dan menarik menjadikan Milad SKM Ke-89 memiliki kesan tersendiri di hati para siswa dari kelas VII sampai kelas XII. Tepat di hari Pelantikan Direksi baru, 22 Januari 2014, Pembukaan dilaksanakan dan acara berlangsung sebulan penuh sebelum ditutup pada 26 Februari 2014.

Studi Banding dengan PR IPM SMK Muhammadiyah Sampang
Pada tanggal 31 Januari 2014, PR IPM SMK Muhammadiyah Sampang mengunjungi Madrasah Muallimin Muhammadiyah untuk melakukan Studi Banding. Studi Banding dirasa perlu karena SMK Muhammadiyah Sampang menginginkan PR IPM yang dapat berkembang dengan baik dan benar-benar menjadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna amanah Muhammadiyah. Dan dalam hal ini, PR IPM Muallimin dianggap pantas untuk dijadikan acuan untuk membuat PR IPM SMK Muhammadiyah Sampang dapat berkembang ke arah yang positif.


2. Februari
RAKORDA Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan
Dalam rangka menyelaraskan antar Pimpinan Ranting dan juga melaksanakan fungsi controlling, PD IPM Kota Yogyakarta melaksanakan Rapat Koordinasi antara Bidang PIP PR IPM Se-Kota Yogyakarta mengingat posisi Bidang PIP dalam setiap ranting merupakan posisi yang krusial karena merupakan salah satu bidang wajib dalam struktur Pimpinan IPM. Dalam RAKORDA tersebut Bidang PIP PR IPM Muallimin melaksanakan peran yang cukup aktif karena visi kedepan yang dimiliki.


3. Maret
Aksi Pelajar Muda Anti Korupsi
Pada 1 Maret tahun lalu, PR IPM Muallimin dengan angkatan kelas X dan XI berpartisipasi dalam Aksi Pelajar Muda Anti Korupsi bersama ranting-ranting lain di seluruh Kota Yogyakarta. Tercatat lebih dari 1000 peserta ikut berpartisipasi walaupun hanya mencakup pelajar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Di aksi tersebut juga diadakan Deklarasi Satgas Muda Anti Korupsi.


4. April
Pelatihan Kader Taruna Melati I

Salah satu proses perkaderan yang wajib diikuti siswa Muallimin sebagai syarat kelulusan. Diikuti oleh angkatan kelas X, Pelaksanaan TM I berjalan selama 4 hari 3 malam di Wisma Dharmais, Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo. TM I juga berfungsi sebagai pengoptimalan waktu kosong disaat kelas XII sedang melaksanakan Ujian Nasional.


5. Mei
Emgain Week Fest #2

EWF merupakan agenda eksternal yang diadakan oleh PR IPM Muallimin. Di tahun ini, EWF berisikan GALACTION (Emgain Language Competition), ArtFest, dan Workshop Kepenulisan. Dengan peserta yang cukup banyak menjadikan EWF sebagai salah satu alat promosi ke luar bagi Muallimin.


6. Juni
Libur Semester
Dengan adanya libur semester genap, otomatis seluruh kegiatan siswa di sekolah baik akademik maupun non-akademik juga ikut "libur". Sebagian besar siswa pulang ke rumahnya masing-masing dan sebagian lain dari kelas XI mempersiapkan Mubaligh Hijrah yang akan mereka laksanakan.


7. Juli
Mubaligh Hijrah
MH tahun 2014 mencakup wilayah yang cukup luas, selain MH di tempat yang ditentukan madrasah juga ada MH di daerah-daerah. Daerah-daerah tersebut antara lain Pringsewu (Lampung), Garut (Jawa Barat), Pasuruan (Jawa Timur), Tanah Grogot (Kalimantan Timur), Tarakan (Kalimantan Utara), dan Lombok (Nusa Tenggara Barat). MH merupakan kegiatan wajib yang juga menjadi syarat kelulusan siswa Muallimin, diselenggarakan pada 20 hari pertama Bulan Ramadhan.


8. Agustus
FORTASI 2014
Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa 2014, diikuti oleh seluruh siswa baru baik kelas VII maupun kelas X. Tidak hanya kegiatan perkenalan, namun peserta juga diberikan materi agar mengenal apa yang harus dilakukan oleh para calon kader. Dilaksanakan pada 11-14 Agustus 2014, FORTASI 2014 ditutup setelah rihlah di Museum Purbakala Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

9. September
Musyran

Musyawarah Ranting XX PR IPM Muallimin pada 4-5 September menghasilkan hasil keputusan yang cukup penting untuk peralihan periode. Juga terpilih Satria Al Fajar Syaifuddin sebagai Ketua Umum terpilih dan 9 orang yang masuk dalam Tim Formatur.

Pelantikan
Setelah Tim Formatur menyelesaikan tugasnya melengkapi daftar pimpinan periode 2014/2015, pelantikan diadakan. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini pelantikan dilakukan pada malam hari, pelantikan diselenggarakan pada tanggal 13 September. Pun slogan periode dapat disepakati bersama, Ikhlas - Berintegritas!

Rakerpim


Setelah pelantikan tentunya pimpinan baru harus segera menata periode kepemimpinannya. Selain itu, pimpinan periode 2014/2015 juga ditunggu oleh Program Kerja Rutin Tahunan, Bakti Sosial dan Pengajian Akbar. Rakerpim berhasil dilaksanakan dan menciptakan program kerja baik berkala maupun tidak, baik eksternal maupun internal.


10. Oktober
BAKSOS 1435H

Diadakan di Dusun Tejo, Pucanganom, Rongkop, Gunungkidul, Bakti Sosial pada tahun ini diadakan kerjasama di dalamnya dengan IMM Zona 3 UAD dalam penyelenggaraan Pengajian Akbar. Pengajian Akbar diisi oleh Ust. Ikhwan Ahada (Direktur Muallimin 2005 - 2014), sedangkan Imam dan Khotib Sholat Ied oleh Bapak Immawan Wahyudi (Wakil Bupati Gunungkidul).


11. November
Open Recruitment Komunitas MTs

Di periode 2014/2015, setiap bidang menyepakati bahwa recruitment setiap komunitas Tsanawiyah harus bersamaan agar anggotanya terbagi rata. Bidang yang memutuskan membentuk komunitas adalah Perkaderan (Leader Commpunity), KDI (Korps Da'i Muallimin), PIP (Scholarly Innovation Group of Muallimin), Kesenian, Bahasa (Firqah 'Arabiyah dan Speaking Club), dan Sosial - Advokasi (Community of Social).


12. Desember
Audiensi dengan PR IPM Muallimaat
Untuk dapat merumuskan masalah sekaligus mencari solusinya terkait hubungan dengan pimpinan madrasah maupun badan pembina, PR IPM Muallimin dan menginisiasikan audiensi bersama dengan PR IPM Muallimaat. Dalam audiensi tersebut dibahas beberapa permasalahan yang serupa dalam perjalanan berorganisasi kedua belah pihak juga langkah-langkah strategis yang akan dilakukan menindaklanjuti permasalahan yang ada.

Parade Akhir Tahun

Disaat telah bersiap menghadapi libur panjang akhir tahun, jajaran organtri tiba-tiba diminta madrasah untuk menyelenggarakan agenda besar internal di antara UAS dan pembagian Laporan Hasil Belajar. Ada 9 rangkaian acara dalam penyelenggaraan Parade Akhir Tahun dari IPM, LPM, dan Tapak Suci. Penyelenggaraan dari tanggal 14-20 Desember dan ditutup dengan Reresik Tandang Gawe yang diwarnai acara Colour Run dan Flashmob.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.