Minggu, 14 Desember 2014

Bakti Sosial 1435H

Pada 3-4 Oktober 2014 lalu, PR IPM Muallimin mengadakan Bakti Sosial dan Pengajian Akbar 1435H. Acara bertempat di Dsn. Tejo, Desa Pucanganom, Kec. Rongkop, Kab. Gunungkidul. Pada kesempatan kali ini, PR IPM Muallimin bekerjasama dengan IMM Zona 3 UAD dalam pelaksanaan Pengajian Akbar setelah dilakukan beberapa penjajakan.


Panitia bersama Wapub Gunungkidul dan Lurah Pucanganom

Pemberangkatan panitia pada Jumat pagi (3/10) dan sampai di lokasi tepat sebelum melaksanakan ibadah Shalat Jumat. Setelah Shalat Jumat dan istirahat siang, dilakukan pertemuan antara panitia dan tokoh masyarakat setempat untuk menjelaskan rangkaian acara yang akan dilaksanakan. Setelah itu, panitia mulai meninjau dan mempersiapkan Lapangan SDN Tejo untuk dijadikan sebagai lokasi Pengajian Akbar yang akan dilakukan pada malam harinya.
Rumah singgah

Persiapan sore
Berbuka bersama setelah puasa arafah
Pada malam pelaksanaan Pengajian Akbar, semua berjalan cukup lancar dari acara pembuka, hiburan sampai acara inti selesai. Bertindak sebagai pemateri adalah Ust. Muhammad Ikhwan Ahada (Direktur Muallimin 2004 - 2014) dapat memberikan materi dengan baik dan membuat rasa antusias sekitar 500 warga peserta pengajian terus tinggi sampai akhir pengajian. Sedangkan untuk pembawa acara adalah kolaborasi antara panitia dari Muallimin dengan panitia dari IMM Zona 3 UAD.

Para among tamu

Hiburan - Nano Voice Muallimin
Hiburan - Panitia
Hiburan - Warga setempat

Terfokus
Suasana Pengajian Akbar
Setelah selesainya Pengajian Akbar, panitia mengadakan evaluasi sejenak untuk mempersiapkan acara esok paginya dan disusul istirahat di rumah singgah yang disediakan warga setempat. Bersiap menyambut Hari Raya Idul Adha 1435 H.

Evaluasi

Pagi hari, tepat setelah shalat subuh di hari Sabtu, panitia mulai mempersiapkan segala perlengkapan di Lapangan SDN Tejo untuk digunakan sebagai lokasi Shalat Ied. Tentunya bekerjasama dengan warga setempat dan panitia IMM Zona 3 UAD. Pada pelaksanaannya, Lapangan SDN Tejo menjadi tempat Shalat Ied warga dari 2 Dusun, yaitu Tejo dan Slawu.

Pada Shalat Ied tersebut, Bapak Immawan Wahyudi (Wakil Bupati Kab. Gunungkidul) yang bertindak sebagai imam dan khatib. Seusai ibadah Shalat Ied, Pak Wabup menyempatkan diri untuk berbincang dengan panitia menyangkut acara dan dengan warga sekitar menyangkut perkembangan di daerah sekitar lokasi Shalat Ied.
Wabup Gunungkidul baru hadir

Suasana pra-Shalat Ied

Panitia gabungan
Tidak berakhir sampai disitu, setelah Shalat Ied dan sarapan, panitia Bakti Sosial dibagi menjadi 3 ke lokasi Penyembelihan Hewan Qurban, Penjualan Sembako Murah, dan Penjualan Pakaian Bekas Layak Pakai. Baru setelah itu, sekitar pukul 11.00 segala rangkaian acara berakhir dan panitia bersiap melaksanakan shalat dzuhur dan makan siang bersama.
Prosesi penyembelihan

Paket sembako murah
Penjualan Pakaian Murah Layak Pakai
Penjualan Pakaian Murah Layak Pakai
Seusai shalat dzuhur dan makan siang, panitia mulai berkemas. Kemudian, pada pukul 13.30 panitia dan tokoh masyarakat sekitar melaksanakan penutupan acara Bakti Sosial 1435H dan saling mengucapkan rasa terimakasih atas kerjasama dan penyelenggaraan acara yang bisa dibilang berhasil tersebut.

Setelah rangkaian acara dalam 2 hari yang padat, panitia bersama-sama kembali ke madrasah. Pengalaman yang berkesan di awal periode, dengan saling berbagi menuju kebersamaan hakiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.