Rabu, 08 Januari 2014

Tentang Bidang Perkaderan


Bidang Perkaderan dulunya bernama Departemen Perkaderan sejak era Sinar Kaum Muhammadiyah (SKM) sampai dengan PR IPM Mu'allimin periode 2012/2013. Seiring dengan bergantinya format "Departemen" ke format "Bidang", setiap departemen tak terkecuali namanya berubah menjadi bidang.

Bidang Perkaderan merupakan salah satu bidang yang paling inti dalam organisasi IPM. Tidak hanya itu, bahkan sejak era SKM di Mu'allimin, Bidang Perkaderan telah menjadi salah satu Departemen yang paling inti dan vital.

Personalia Bidang Perkaderan PR IPM Mu'allimin 2013/2014 :
Ketua Bidang
Muflih Ramadhani

Sekretaris Bidang
Muhammad Heyqal Wirakarsa

Anggota Bidang
Fadhela Mardatillah
Fadhillah Asy'ari
Fawwas 'Aisy Akbar
Imam Latif Yuswindar
Ikhlasul Amal Tsalis Auladi
Ahmad Difa Aflah
Fahri Dzikri Ashshidqi

Bidang perkaderan secara garis besar bertugas sebagai pelaksana kaderisasi terutama bagi siswa Tsanawiyah, karena Bidang Perkaderan sendiri merupakan "perpanjangan tangan" Madrasah dalam hal pengkaderan siswa Tsanawiyah. Secara khusus Bidang Perkaderan dibebani tugas untuk mempersiapkan santri-santri Mu'allimin agar kelak para santri Mu'allimin dapat menjadi kader-kader yang baik bagi IPM, persyarikatan Muhammadiyah, umat Islam, maupun bangsa Indonesia.

Bidang Perkaderan memiliki fungsi yang paling berat dan program kerja yang paling banyak dibanding Bidang-bidang lain, belum lagi mayoritas progam kerja Bidang Perkaderan harus dilakukan berkala setiap minggu. Oleh karena pentingnya peran Bidang Perkaderan, personalia bidang ini menjadi yang terbanyak diantara Bidang-bidang lain di PR IPM Mu'allimin dari periode ke periode.

1 komentar:

author
IPM Mu'allimin
IPM Mu'allimin merupakan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang terletak di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berlokasi di Jl. Let Jend S Parman No 68 Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta.